W88 slot ưu đãi ngập tràn

Sudah 25 Kasus Positif Corona, Luwu Utara Sudah Masuk Wilayah Transmisi Lokal?

POJOKSULSEL.com – Dengan jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 25 kasus, Kabupaten Luwu Utara kini berada di posisi keempat di Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan jumlah terbanyak kasus positif hingga 9 Mei 2020. Pertama Makassar dengan jumlah kasus 354, disusul Gowa (41), Maros (37), Luwu Utara (25), dan Sidrap (21).
Makassar, Gowa, dan Maros sudah dikategorikan wilayah transmisi lokal. Mengingat tiga wilayah ini penyebaran covid-19 sudah sangat masif yang penularannya dari generasi kedua ke generasi ketiga. Nah, bagaimana Luwu Utara? Juru Bicara Penanganan Covid-19 Komang Krisna menyebutkan Luwu Utara belum masuk wilayah Transmisi Lokal.
“Kemarin kita telah menerima hasil uji PCR terhadap 92 spesimen atau sampel swab hidung dan tenggorokan. 92 spesimen ini adalah hasil contact tracing TGC Dinkes Lutra terhadap keluarga santri positif covid-19, dengan hasil konfirmasi negatif covid-19. Nah, dengan situasi seperti ini, maka Luwu Utara belum masuk kategori transmisi lokal,” jelas Komang.
Kapan dikatakan Lutra masuk transmisi lokal? Ia menerangkan bahwa kasus baru bisa dikatakan transmisi lokal jika penularannya dari kasus positif generasi kedua ke generasi ketiga. Nah, di Luwu Utara model seperti itu belum terjadi.
“Seseorang yang menjadi carrier setelah datang dari luar daerah dan menularkan pada orang di dekatnya di wilayah asalnya, itu berarti generasi pertama menular ke generasi kedua, dan ini bukan model transmisi lokal,” jelas dia.
Ia menambahkan, transmisi lokal bukan disebabkan lokasi penularannya, tapi jika hasil contact tracing membuktikan bahwa kasus positif yang tertular tersebut telah menularkan kepada orang lain.
“Jadi, transmisi lokal itu jika penularan dalam relasi sosial luas, misalnya dari luar kota ke keluarga, terus anggota keluarga menularkan ke rekan kerja atau teman-teman atau tetangganya. Kalau masih keluarga, belum transmisi lokal,” tandas dia.
(lh/pojoksulsel)
The post Sudah 25 Kasus Positif Corona, Luwu Utara Sudah Masuk Wilayah Transmisi Lokal? appeared first on Pojoksatu.id.


Thursday January 01, 1970