W88 slot ưu đãi ngập tràn

Jemaah An-Nadzir Gowa Salat Idul Fitri Sabtu Besok

POJOKSULSEL.com, GOWA – Jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa akan melaksanakan Salat Idul Fitri pada Sabtu (23/5/2020) besok, meski pemerintah baru mengumumkan 1 Syawal 1441 H baru akan jatuh pada Minggu (24/5/2020).
Pimpinan jemaah An-Nadzir Ustaz Samiruddin Panemmui menyebutkan, keputusan ini disepakati oleh tim 7 pimpinan jemaah An-Nadzir berdasarkan metode pemantauan pergerakan bulan dan pengamatan pasang air laut di beberapa lokasi.
“Kami perkirakan puncak bulan Ramadhan dan masuknya bulan Syawal pada Jumat siang sekitar pukul 14.00 Wita, kami tetap berpuasa hingga siang besok, salat Idul Fitri kami selenggarakan Sabtu (23/5) pagi nanti,” ujar Samiruddin Panemmui, Jumat (22/5/2020).
Menurut Samiruddin, salat Idul Fitri berjemaah akan digelar di masjid perkampungan An Nadzir di Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Gowa, dan akan dihadiri sekitar 500 anggota jemaah.
Samiruddin juga mengaku telah berkoordinasi dengan aparat Polres Gowa dan Polsek setempat seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk proses pengamanan kelancaran proses ibadah anggota jemaah An-Nadzir.
“Kami telah laporkan hasil keputusan kami terkait salat Idul Fitri ke pihak kepolisian, salat Id digelar dengan protokol kesehatan untuk mencegah Corona, seperti menggunakan masker dan hanya diikuti anggota jemaah di perkampungan An-Nadzir sendiri,” tambah Samiruddin dikutip dari Detik.
Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 H jatuh pada hari Minggu 24 Mei 2020.
Hal ini disampaian Menteri Agama Fachrul Razi usai menggelar Sidang Isbat, Jumat (22/5/2020).
Fachrul Razi menyampaikan, dalam Sidang Isbat itu menyatakan hilal sebagai penentu datangnya bulan baru penanggalan hijriah belum tampak.
Dengan begitu, bulan puasa digenapkan menjadi 30 hari.
Dalam pengamatan hisap yang dilakukan di 80 titik di seluruh Indonesia, digunakan dengan perhitungan dan rukyat atau melihat langsung hilal.
“Ketinggian hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk,” ujar Menag di Jakarta, Jumat (22/5/2020).
Sebelumnya, Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan 1 Syawal 1441 H jatuh pada 24 Mei 2020.
Hal ini didasarkan hasil hilal hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.
Keputusan yang sama juga dibuat Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU).
Hal ini didasarkan pada laporan pemantuan hilal tim Lembaga Falakiyah PBNU.
(pojoksulsel)
The post Jemaah An-Nadzir Gowa Salat Idul Fitri Sabtu Besok appeared first on Pojoksatu.id.


Thursday January 01, 1970